PROGRAM STUDI S1 DAN S2

Program pendidikan yang dilaksanakan terdiri dari Program Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2)

BIAYA STUDI S1 DAN S2

Untuk biaya studi, pada prinsipnya UMB akan berusaha membantu calon mahasiswa dalam membayar biaya pendidikannya secara cicilan bulanan sesuai dengan kemampuan masing-masing calon mahasiswa.

SYARAT MAHASISWA DAN BEBAN STUDI

PROGRAM SARJANA (S1) Beban studi dan masa studi untuk Program Sarjana (S1) adalah: a. Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat

PILIHAN KAMPUS

Kampus bisa dipilih oleh mahasiswa, yaitu: Kampus Meruya, Kampus Menteng, Kampus Depok dan Kampus Bekasi

WAKTU KULIAH BISA DIPILIH

Waktu kuliah bisa dipilih oleh mahasiswa, yaitu kuliah sore atau sabtu minggu

S2 Teknik Industri


Seorang Teknik Industri adalah seorang Productivity Engineer dimanapun dia berada.” - Prof Dr. Matthias Aroef (Pendiri Teknik Industri ITB)

Seorang teknik industri adalah seorang yang berhadapan dengan sistem. Mereka mempunyai kemampuan untuk merancang, mengimplementasi, maupun meningkatkan sebuah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, informasi, atau energi. Seorang teknik industri dapat menemukan cara yang lebih baik dalam hal apapun.

Kata kunci teknik industri adalah produktifitas, efektivitas, dan efisiensi.

Karir yang dapat ditempuh seorang mahasiswa teknik industri setelah lulus adalah production engineers, supply chain managers, operation analysts, quality engineers, and information system analysts. Bidang yang digeluti juga sangat luas, segala macam bisnis, perusahaan, maupun pemerintahan yang menginginkan peningkatan kinerja dan mengurangi biaya membutuhkan seorang teknik industri. Selain itu juga, banyak lulusan teknik industri yang membuat usaha sendiri maupun masuk ke dalam konsultan.
Teknik industri merupakan program studi yang menantang, berkualitas dan penuh peluang. Tidak ada tempat yang tidak akan dapat kamu tuju dengan menjadi sarjana teknik industri.


GAMBARAN UMUM PROGRAM MAGISTER
Program pendidikan magister Teknik dan Manajemen Industri merupakan ekstensi linier dari program sarjana dan merupakan jalur untuk melanjutkan lebih jauh lagi ke program doktor. Jika pada program sarjana pendidikan dilakukan sama untuk setiap mahasiswa maka pada program magister yang kemudian dilanjutkan pada program doktor dilakukan spesialisasi dalam jalur-jalur pilihan sesuai bidang keilmuan yang ada pada disiplin teknik industri. Penajaman spesialisasi pada jalur pilihan ini dimaksudkan pula untuk mewadahi pengembangan cabang-cabang keilmuan teknik industri melalui penelitian-penelitian mahasiswa magister dan doktor.

Jalur pilihan yang disediakan sebanyak 5 (lima) jalur pilihan saja. Kelima jalur pilihan tersebut adalah:
• Sistem manufaktur
• Ergonomi dan rekayasa kinerja
• Manajemen industri
• Sistem informasi enterprise
• Sistem industri dan rantai suplai
Sebelum memasuki perkuliahan, mahasiswa program Magister Teknik Industri yang mengambil program sarjana (S-1) selain Teknik Industri ITB diwajibkan mengikuti program matrikulasi sebanyak 8 (delapan) SKS yang terdiri dari:
• Metode Kuantitatif (2 SKS)
• Analisis dan Perancangan Teknik Industri (2 SKS)
• Rekayasa Sistem Manusia-Mesin (2 SKS)
• Analisis Biaya dan Ekonomi Teknik (2 SKS)